BAGIAN-BAGIAN TV LCD

Posted on Senin, 19 Januari 2015 by Stacktime

BAGIAN-BAGIAN TV LCD

  1. Front Panel Display

  2.          Bila dibadingka dgn tv crt maka bagian front panel display pada lcd adalah flat panelnya yg pada umumnya saat ini digunakan yg berjenis TFT LCD.
    pada blok panel display initerdapat backlight untuk menghasilkan cahaya putih diseluruh permukaan layar LCD.
    ,Diffuser yg berpungsi sebagai filter backlight.cara kerja front panel display kurang lebih pada saat LCD mendapat tegangan maka molokel molokel kristal akan tersusun menjadi horezontal sehingga cahaya dari backlight dapat tembus kebagian depan papan LCD merupakan bahan molokel kristal yg sipatnya antara padat dan cair
  3.  Power supply dan Inverter

 Tidak diragukan lagi ,pemakaian daya pada LCD tv maupun akan cukup besar  dantentunya dibutuhkan   sebuah pawer board yg benar benar stabil dan tidak mudah terkena interferensi dari perangkat lain sehingga kita lihat banyak sekali filter yg digunakan.
Ciri-ciri bagian ini adalah adanya trafo besar, biasa disertai dengan elco yang besar pula, dan pastinya dia adalah yang mensuplay tegangan, jadi akan ada kabel yang melaluinya.
sedangkan Inverter  adalah Rangkaian dari lcd tv, bisa anda lihat pada gambar adalah bagian yang paling atas, ciri rangkaian ini adalah adanya kabel flexibel yang masuk atau mengontrol rangkaian gambar pada televisi lcd. 
 3. Main Board



Fungsi dari modul mainboard adalah untuk memproses semua sinyal baik itu audio maupun video yg di tangkap oleh tuner atau inputan lainnya.
pada modul utama ini terdapat tuner analog to digital converter.
mikrokontrol ,menentukan input mana yg digunakan sebagai fungsi tv lainnya.Beebeda dgn kerja tv CRT,pada LCD terdapat proses untuk menkonversi sinyal sinyal analog video menjadi bentuk digital karna adanya ribuan transistor pixel yg dikontrol modul T- con.

4.Back Panel


Bagian ini adalah bagian yang berfungsi sebagai jalur input .seperti DVD,VGA ,ataupun USB selain itu juga merupakan output intuk speaker dan output lainnya.

5.TCON 


Terdapat ribuan pixel ataupun elemen LCD dan setiap pixel ini mempunyai satu transistor untuk bisa menyalakan dan mematikan pixel tersebut.Bagian t- con ini satu kesatuan dgn bagian lcd panel display,backlight inverter,penyalaan pixel ini di control oleh sebuah modul T- con / FRC board,modul inilah yg menentukan transistor mana yg aktif dan yg tidak aktif.
pada modul T- con disediakan sebuah konektor yg memiliki pin yg banyak untuk dihubungkan ke mainboard. Biasanya modul ini ditutup alumunium untuk menghindari interferensi   (berbagai gangguan dari luar ).

6. Switch Program


Bagian ini digunakan untuk menggunakan fungsi pada Tv Lcd,seperti Memilih Program siaran,pengatur Volume,dan memilih inputan.




        

0 Responses to "BAGIAN-BAGIAN TV LCD":