Perangkat Audio Car

Posted on Minggu, 15 Februari 2015 by Stacktime




A.   Peralatan Audio Video Mobil
1.    Head unit

    Pada sebuah sistem audio mobil modern, perangkat uutama yang berfungsi sebagai sumber sinyal audio di dalam sistem umum disebut head unit atau tape mobil, dan dipasang di tengah panel dasbor antara pengemudi dan penumpang. Head unit ini sendiri biasanya merupakan perangkat multifungsi yang menyertakan beberapa fungsi di dalamnya. Komponen yang paling umum adalah radio receiver/ tuner dengan AM dn FM band, dan amplifier skala kecil untuk memfasilitasi sinyal audio ke unit speaker. Komponen lain yang mungkin termasuk seperti perangkat media tape kaset, CD player, DVD player, HD radio, satelite radio, USB flah memory, dan bahkan hard disk portabel yang biasanya digunakan dalam sistem komputer. Banyak head unit juga memiliki komponen DSP, dan fungsi Equalizer seperti kontrol bass dan treble atau fitur kontrol pendukung lainya seperti kamera sensor parkir, sistem navigasi Dll.

2.    TV Monitor

    Tv monitor pada mobil berfungsi seperti halnya Tv biasa yang ada di dalam rumah. Tv monitor pada mobil memiliki beberapa jenis yaitu :
a.    Tv headrest
    Tv headrest terletak di belakang sandaran kepala. Tv haadrest biasanya terhubung dengan head unit di dasbor dan ada juga yang langsung dilengkapi dengan head unit.
b.    Tv  plafon
    Tv plafon terletak di plafon atau langit-langit mobil ditengah-tengah antara tempat duduk.
3.    Capasitor bank
     Dalam sistem audio mobil, ada salah stu perangkat yang dinamai capsitor bank. Bentuknya yang kebnyakan silinder dan kerap terdapat lampu indikator kadang kala hanya dipasang sebagai pemanis.
    Capasitor bank sendiri punya fungsi yang signifikan dalam menjaga kualitas suara dan listrik di mobil. Kualitas ini harus dijaga lantaran adakalanya kabel telat menyalurkan daya kari aki. Ini bisa dilihat jika lampu mobil sedikit meredup kala audio mobil yang dilengkapi ampli sedang diaktifkan.
    Di sinilah Capasitor bank berperan, ia akan mengumpulkan daya yang tersalurkan andaikata daya tersebut tidang sedang terpakai. Jika pasokan daya melebihi permintaan, maka daya itu akan dilepas.
4.    Power Amplifier
    Fungsi power amplifier mobil adalah untuk menambah daya output, sehingga suara speaker dan subwoofer jadi lebih bertenaga. Umumnya power amplifier, terdiri dari power multi chanel, dan power monoblok. Un tuk kelas power, terdiri dari class A, AB, dan class D monoblok, difungsikan un tuk mendrive speaker split, dan subwoofer, dan menambah daya. Umumnya daya dihitung dari RMS (root mean square), sedang PMPO adalah besaran peak music power output maksimal. Untuk fitur umunya terdiri dari low pass filter. Fungsinya adalah untuk mengatur frekuensi rendah di kisaran 40 Hz, dan HPF hight pass filter untuk frekuensi tinggi, serta gain control. Poer yang baik biasanya menggunakan mosfet amplifier, untuk thermal sirkuit protection.
5.    Speaker
    Sistem audio mobil yang baik tentunya membuat kita merasa nyaman dan tenang dalam mengendarai mobil. Maka dari itu untuk menciptakan audio mobil yang bagus, selain didukung dengan head unit yang mantap, tentunya perangkat speaker yang mumpuni.
    Rentang frekuensi suara yang mampu dihasilkan sistem spaker merupakan diantara 20 Hz sampai 20 Khz dan itu merupakan sesuai dengan rentang frekuensi pada pendengaran manusia.
    Menurut jenis dan rentang frekuesinya ada beberapa jenis speaker pada audio mobil :
a.    Tweeter

    Tweeter merupakan speaker yang biasanya berukuran kecil 0,5 inchi sampai 4 inchi, tergantung merek dan kemampuan cakupan frekuensinya.
    Fungsi dari tweeter ini merupakan memproduksi frekuensi yang cakupannya pada rentang 3500 Hz hingga 20 Khz. Contoh suara frekuansi tinggi ini antara lain merupakan seperti suara vokal, simbal drum, dan suara dentingan alat musik lainnya. Tweeter pun juga ada yang terknal dengan sebutan super tweeter/ ribbon tweeter. Jenis ini memiliki bentuk yang berbeda dari tweeter biasa, biasanya persegi panjang dibentuk plat tipis dan mampu menghasilkan hight frekuensi yang tidak dapat dijangkau oleh tweeter biasa, yaitu pada rentang 523 Khz.

b.    Midrange

    Midrange merupakan speaker yang biasanya berukuran sekitar 3-4 inchi yang memiliki cakupan 350-4500 Hz.
    Midrange ini biasanya diikutsertakan pad satu set sistem 3 way car audio. Tugasnya untuk membantu menyempurnakan hight  frekuensi atau mengakomodasi vokal yang terdengar agar lebih fokus dan jelas.







c.    Midbass


    Midbass merupakan jenis speaker yang juga biasa disebut midwoofer, fungsinya untuk menghasilkan suara berfrekuensi dengan rentang 80-350 Hz.
    Suara midbaas lebih didominasi pad suara rendah. Biasanya midbass memiliki diameter 5-7 inchi.

d.    Subwoofer

    Subwoofer atau woofer berfungsi untuk menghantarkan suara berfrekuensi rendah atau suara bass. Untuk woofer dibatasi pada rentang frekuensi 100 Hz atau dibawahnya, namun woofer yang mampu menyemburkan suara rentang frkuensi 40 Hz dan dibawahnya bisa disebut sebagai sebuah subwoofer. Pada umumnya subwoofer memiliki ukuran 12, 15, 18 inchi, sedangkan woofer sekitar 8-10 inchi.











0 Responses to "Perangkat Audio Car":